4 Syarat Lolos Chevening Scholarship, Beasiswa yang Katanya Paling Sulit Ditembus

tips-lolos-chevening tips-lolos-chevening

“Banyak orang yang mengatakan bahwa beasiswa Chevening merupakan cela satu beasiswa tersulit untuk diraih… Menurutku, deras orang yang kurang memahami materi pertanyaan essays yang diberikan….,” ungkap Putri Kanesia.

Ketika membicarakan beasiswa Chevening, anggapan sulit ditembus biasanya langsung terbayang. Nggak rada orang yang pengin studi dengan beasiswa ini pun minder duluan dan akhirnya mundur pelan-pelan. Namun, penerima beasiswa Chevening ini memiliki sudut pandang yang lain, SoHip.

Putri Kanesia, 37 maklumn, merupakan seorang pengagenda sekaligus peneliti yang berkarya jadi Regional Advocacy Associate di lembaga HAM regional, Asia Justice and Rights/AJAR. Ia membocorkan hidden tips agar lolos seleksi beasiswa Chevening. Ssst… menurut Putri, kalau bisa menerapkan 4 trik ini, sebetulnya beasiswa Chevening nggak sesulit itu, lo.

Apa aja yang 4 trik yang dimaksud Putri?

Simak, yuk, ulasannya! Wajib dicatat, ya, terutama untuk kamu yang punya impian studi di Inggris~

Langkah pertama, perhatikan dulu persyaratan yang dibutuhkan untuk daftar beasiswa Chevening

Juni 2021, Putri mendapatkan kabar bahagia. Dirinya dinyatakan lolos beasiswa Chevening, padahal sebelumnya ia sempat merasa nggak mungkin lolos karena pengumuman yang mundur beberapa minggu dari timeline awal.

“Saya mengambil program studi LLM International Human Rights Law di University of Essex,” cerah Putri.

Sebelum akhirnya lolos, Putri harus menyiapkan dan memenuhi persyaratan dulu. Syarat yang pasti, kandidat harus menyelesaikan studi S1 dan memiliki pekerjaan, tidak emosi kerja full time, part time, atau volunteer, selama minimal 2 maklumn atau setara 2,800 jam. Kabar terbaru yang cukup melegakan adalah pihak Chevening nggak lagi menetapkan skor IELTS jadi melenceng satu persyaratan.

Kemudian, kandidat mesti mengisi formulir secara online. Kandidat akan diminta menuliskan data awak batas pertanyaan esai seputar seputar kepemimpinan, networking, pilihan studi, dan rencana karier.

Bersenjang dari beasiswa lain, ini dia tahapan beasiswa Chevening yang layak dilalui

Dibutuhkan kesabaran dan keuletan ketika mendaftar beasiswa, tapi sepertinya kamu layak menyiapkan lebih Berbobot energi saat mendaftar beasiswa Chevening. Mengapa? Soalnya, metode pendaftaran sampai pengumuman beasiswa ini cukup bujur. Biasanya, pendaftaran disingkap pada Agustus dan ditutup pada awal November.


Dapatkan free access untuk pengguna baru!

Setelah itu, Komite Independen akan me-review semua dokumen kandidat yang masuk dan memberikan skor penilaian sebelum diteruskan ke Kedutaan Inggris (British Embassy) atas bulan November hingga Desember. Nah, atas bulan Februari mengertin berikutnya, Chevening akan mengumumkan nama-nama calon yang masuk shortlisted untuk diwawancarai oleh komite Chevening.

Chevening akan meminta calon untuk mengunggah dua surat referensi maupun dokumen terkait latar belakang pendidikan (ijazah) melalui aplikasi. Kandidat terpilih akan diundang untuk menghapribadi metode interview yang akan dilakukan sejak akhir Februari tenggat April.

“Bagi yang tidak lolos, Chevening juga akan mengumumkannya di bulan yang serupa. Bagi mereka yang sudah masuk tahapan shortlisted,” lanjut Putri.

Bulan Juni, pihak Chevening akan mengumumkan para kandidat yang capa lolos dan memberikan waktu selama kurang lebih satu bulan untuk mengirimkan bukti penerimaan (Letter of Acceptance/LoA) di cela satu kampus di United Kingdom. Tahap terakhir, penerima beasiswa akan diberangkatkan ala bulan September atau Oktober, Bertimbal dengan jadwal perkuliahan di kampus masing-masing.

Tips ‘Tersembunyi’ ala Putri supaya bisa lolos beasiswa Chevening

Selama ini, kan, beasiswa Chevening dinilai beasiswa tersulit untuk diraih, apalagi kalau mengacu pada perInterogasian esai. Namun, kesulitan itu seakuratnya bisa diatasi. Putri memiliki jumlah tips agar bisa lolos:

Menurut Putri, luber orang yang kurang memahami materi perPertanyaanan esai yang diberikan. Misalnya nih, esai yang ditulis sangat melebar, tidak realistis, dan tidak menjawab perPertanyaanan yang diminta. Selain itu, hindari rencana karier yang nggak jelas dan pemilihan program studi yang nggak konsisten. Banyak orang juga yang mengisi esai dengan copy-paste jawaban yang kembar saat mendaftar beasiswa di maklumn-maklumn sebelumnya.

“Jangan suah melakukan itu. Jika kita kandas masuk shortlisted, maka berguna untuk mempertidak sombongi dan mempertajam esai yang sudah ada sebelum digunakan kembali untuk melamar di acuhn berikutnya,” ujar Putri.

Banyak pelamar yang mengirimkan lamaran di hari-hari terakhir menjelang penutupan pendaftaran. Dampaknya adalah pendaftaran yang masuk bersamaan melontarkan sistem aplikasi online sering kali error. Jadi, jangan sampai semua kerja kerasmu gagal hanya karena makhilaf teknis saat mengirimkan lamaran. Pastikan dokumen pendaftaranmu nggak metinggali batas waktu yang telah ditentukan.

Sesuatu yang kita anggap sebagai sebuah pencapaian belum tentu orang lain memiliki penilaian yang cocok. Sebaliknya, pengalaman berjejaring di ajang kerja yang bagi kita biasa saja, buat orang lain ternyata memiliki dampak yang gemuk dan bermanfaat. Inilah berpengaruhnya meminta orang lain untuk membaca esai yang kamu tulis. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan macintan berharga dan objektif tentang pengalaman maupun keberhasilanmu sebagai seorang pemimpin. Macintan dari orang lain dapat memperkaya dan menajamkan isi esai.

Sekalinya mendaftar dan tidak terkabul lolos, setidak emosinya kamu nggak putus asa. Seperti pengalaman Putri, ia sudah berkali-kali melamar beasiswa Chevening. Barulah di acuhn 2021, ia masuk sebagai kandidat terpilih. Jadi, jangan berkincup hati jika kita belum terkabul menjadi awardee.

“Pengalaman kalah berkali-kali melontarkan saya terus berusaha untuk mempertidak emosii esai saya yang menjadi luput satu komponen berkuasa dalam penilaian,” tutur Putri.

Serelanya, nggak ada formula distingtif bagaimana seseorang bisa meraih beasiswa Chevening, tapi jika ingin mendapatkan beasiswa Chevening, maka persiapan yang dilakukan kudu sangat matang. Pastikan ikuti timeline pendaftarannya dan siapkan dokumen persyaratan sedini mungkin.

Itu dia tips versi Putri Kanesia. Good luck!