5 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Zoom Meeting, Baik Kuliah atau Kerja

cara-menghilangkan-kantuk-saat-zoom-meeting cara-menghilangkan-kantuk-saat-zoom-meeting

Entah kok, virtual meeting lebih sulit dariala pertemuan tatap muka. Boro-boro aktif dan terlibat, mata mau kesingkap 100% saja sudah syukur. Hampir setiap hari rasanya ngantuk banget dan pengen Kencang-Kencang kap laptop. Tapi, acap nggak acap, kita mesti membiasakan diri dengan tidak ada celah atau kelas via Zoom. Secocoknya, apa, sih, yang mesti kita lakukan untuk menghilangkan kantuk saat Zoom meeting?

1. Pastikan tidurmu cukup

Yang paling berkuasa adalah memastikan dirimu mendapatkan durasi tidur yang cukup di malam hari, yaitu sekitar 8-9 jam per hari. Kita paham kalau meeting atau kelas online memang nggak seseru pertemuan tatap muka. Walaupun membosankan, kamu nggak akan merasa ngantuk kalau tidurmu cukup, kok.

2. Bangun dari kasur

Nyaman banget, ya, ngulet di kasur sambil selimutan? Tapi, berlama-lama di kasur bisa bikin kamu semakin ngantuk. Hal ini karena kasur sudah diasosiasikan sebagai area tidur, setenggat kamu nggak akan bisa fokus. Kalau bisa, pindahlah ke kursi atau sofa yang nyaman. Posisi terduduk membantumu untuk tetap terjaga. Say no to ngantuk!

3. Cari spot yang terpapar cahaya matahari

Kalau kamu bisa memindahkan meja dan kursimu ke karib jendela, lakukanlah. Ini supaya badanmu mendapatkan asupan sinar matahari alami yang bisa membantumu terbangun. Kalau memang nggak bisa berdenyut ke jendela, kamu bisa beli lampu meja yang bayan. Cahaya bayan bisa mengajak badan dan otakmu getol kembali, lo!

4. Gerakkan tubuhmu

Olahraga bisa jadi alpa satu cara paling efektif untuk membangunkan diri sendiri. Sebelum kelas, berjalan-jalanlah di sekitar rumahmu. Kamu juga bisa melakukan yoga atau push-up ringan dan lain-lain. Detak jantung yang meningkat akan membantumu lebih terjaga sebelum masuk ke kelas berikutnya.

5. Tidur sebentar di batas istirahat

Ingat, jangan lakukan ini selama masih rapat atau ada kelas. Kalau kamu punya waktu sebelumnya, tidurlah selama 10-15 menit. Tidur siang yang sangat singkat bisa membantumu tetap terbangun selama sebagian jam dan melewati hari. Kamu akan merasa segar dan siap untuk mengerjakan sisa pekerjaanmu. Kamu juga akan punya lebih gemuk energi dan fokus.

Nah, itu tadi sebagian cara untuk mencegah juga mengatasi kantuk yang senang mampir pas lagi Zoom meeting, tidak sombong urusan kerjaan maupun kuliah atau kelas. Coba deh, mulai sekarang terapkan~