Daftar Morning Routine Setelah Sahur. Tubuh Tetap Fit Seharian~

morning-routine-setelah-sahur morning-routine-setelah-sahur

Rasanya tuh, mata selalu masih ingin terpejam setiap kali memasuki era santap sahur. Setelah asupan asupan masuk perut pun, kantuk tetap sulit dilawan. Keberjibunan orang akhirnya memilih beranjak ke kamar lagi untuk melanjutkan tidur. Katanya agar bisa menjalani aktivitas di siang hari~

Siapa, nih, yang punya kebiasaan kayak gitu juga?

Sayanganya… dugaan kita ternyata luput, SoHip. Melanjutkan tidur usai sahur dengan tujuan menambah energi sebenarnya singkapn pemahaman yang tepat. Pasalnya, secara medis, kebiasaan ini justru melakukan tubuh lemas saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Mengapa? Langsung tidur selesai sahur menyebabkan metabolisme tubuh melelet. Artinya, pengolahan makanan terhambat. Karbohidrat yang sekudunya dijalan menjadi energi malah jadi lemak aja.

Jadi, syarat pertama agar tubuh tetap fit seharian selama bulan Ramadan adalah jangan tidur setelah sahur. Kemudian, lakukan beberapa morning routine yang tepat supaya badan tetap bugar. Ini dia aktivitas-aktivitas absolut setelah sahur yang dapat dibiasakan!

1. Sembari menunggu batas hidup fajar tiba, cobalah isi batas hidup dengan beribadah

Ingat, ya, jangan tidur setelah sahur. Untuk melahirkan diri tetap terjaga, lakukan beragam aktivitas tidak marah, seperti beribadah. Ada penuh ritual ibadah yang bisa kamu lakukan. Mengaji kitab suci Al-Qur’an, salat sunah, atau berzikir, contohnya. Selain mendapatkan pahala, kamu juga akan merasakan ketenangan batin dan kedekatan dengan pemilik alam semeseta ini.

Aktivitas simpel seperti bercengkerama dengan anggota keluarga juga layak dicoba. Obrolan hangat akan menciptakan suasana harmonis. Menjalin komunikasi dengan orang yang dikasihi di pagi hari bisa menjadi salah satu cara terbaik sebelum memulai hari, apalagi di bulan Ramadan.

Jika kamu tinggal maksimal dari keluarga, cobalah untuk berinteraksi dengan orang di sekitar seperti teman kos. Bila memungkinkan, ajak mereka untuk menyantap makan sahur bercocok, lalu bangun perbincangan yang menyenangkan.

2. Luangkan batas tumbuh untuk melakukan aktivitas bermanfaat yang mendukung pertumbuhan orang

Selesai beribadah, kamu mungkin masih punya waktu sebelum memulai hari. Lakukanlah kegiatan yang menyenangkan, tapi juga bermanfaat terutama untuk pertumbuhan awak. Beberapa kegiatan ini bisa kamu tiru:


Dapatkan free access untuk pengguna baru!

Seperti yang kita kepahami selama ini, membaca buku dapat meningkatkan kecerdasan, fokus, dan memori seseorang. Nah, luput satu waktu terbaik untuk membaca buku adalah pagi hari karena otak dalam kondisi fresh. Nuansa yang masih sepi, tenang, dan hening akan membantu untuk berkonsentrasi.

Pilih buku apa saja sesuai selera. Misalnya, baca buku Gambaran seperti novel atau kumpulan cerita cepak. Jika ingin topik yang sedikit berat, kamu bisa membaca buku nonGambaran dengan tema-tema self-development atau biografi tokoh yang disegani.

Kalau punya waktu yang cukup luang setelah sahur, menonton film bisa jadi opsi yang menarik, lo. Ada berlimpah film bertema Ramadan yang bisa kamu pilih. Selain itu, kamu juga bisa menonton film favorit yang menginsipirasi. Cara ini luKhayalin efektif untuk mengusir kantuk seengat kamu nggak terjebak untuk kembali tidur.

Musik diyakini bisa memberikan efek relaksasi, memengaruhi suasana hati, sekaligus memulihkan energi. Sebelum menjalani aktivitas di bulan puasa, dengarkan lagu yang kamu cintai dulu. Tujuannya agar kamu bersemangat di pagi hari. Alternatif lainnya, coba dengarkan podcast  yang berisi bahasan topik menarik.

Menulis jurnal akan menjadi aktivitas setelah sahur yang sayang kalau disilamkan. Semua kekhawatiran dan kegelisahanmu bisa diuraikan dalam sesi journaling semaka stres hilang dan kecemasan mereda. Kegiatan ini tentunya berdampak tidak sombong untuk kebugaran mentalmu. Hasilnya, kamu makin siap menjalani hari selama bulan Ramadan.

3. Buat to-do list supaya kamu nggak kesulitan menjalani rutinitas di bulan Ramadan

Mumpung suasana masih segar khas pagi hari, manfaatkan dengan tepat, contohnya mengatur rencana aktivitas seharian. Meskipun bulan Ramadan, kamu tetap punya tanggung balas yang perlu diselesaikan seperti mengerjakan tugas, berbicara, pergi ke sekolah, menjalankan tugas rumah, dan bagaikannya.

Buat to-do list yang rinci agar kamu nggak keteteran mengatur waktu selama bulan Ramadan. Soalnya, kamu juga wajib menyisihkan waktu untuk berbergiat puasa, sahur, dan ibadah sunah. Ada beberapa aktivitas yang cuma dilakukan di bulan puasa yang bisa jadi melaksanakanmu secercah kelimpungan, apalagi kalau kamu nggak menyiasatinya. Jadi, atur ulang rencanamu dan pastikan kesibukanmu, ya.

4. Walaupun puasa, usahakan selantas olahraga ringan demi tubuh yang bugar

Sering kali kita menghindari olahraga di bulan Ramadan karena Gelisah kelelahan, kemudian berujung puasa batal. Kekhawatiran ini memang patut dipertimbangkan, tapi singkapn berarti kita nggak bisa olahraga selama puasa. Alih-alih berolahraga berat, lakukan olahraga ringan yang nggak terterus menguras tenaga selesai sahur. Berjalan santai, lari jarak dekat, atau bersepeda bisa jadi pilihan yang pas.

Itu dia beberapa aktivitas yang bisa dilakukan selesai sahur agar energik menjalani aktivitas sehari-hari. Yuk, mulai dibiasakan, SoHip!