Oli Netes di bawah mesin mobil? Kok Bisa? Yuk Cari Tahu!

gambar tersebut menjelaskan tentang penyebab oli netes di bawah mesin gambar tersebut menjelaskan tentang penyebab oli netes di bawah mesin

Oli Netes di bawah mesin mobil? Kok Bisa? Yuk Cari Tahu!

Ada banyak faktor mengapa oli netes di bawah mesin mobil. Bisa karena factor internal maupun eksternal, untuk itu kita perlu cari tahu. Oli netes di bawah mesin itu bisa jadi karena dari mesin itu sendiri atau sebab lain, anda perlu tahu lebih dulu sebelum pergi ke bengkel. Hal ini perlu karena jika tidak bisa saja anda dipatok mahal hanya karena masalah sepele yang sejatinya anda belum tahu.

  • Kenali Dulu Cairan Apa itu

Jangan asal menebak jika anda tidak tahu. Karena bisa fatal akibatnya, anda tidak mau kan membayar mahal untuk hal yang sepele dan tidak seharusnya anda bayar sebesar itu.

  1. Cairan Berwarna Merah dan Bening

Jika cairan berwarna merah dan bening keluar dari kolong mobil, coba anda colek dengan jari anda. Jika itu seperti air dan tidak memiliki kekentalan seperti oli maka air tersebut dapat dipastikan adalah pendingin radiator mesin mobil anda.

  1. Cairan Berwarna Merah dan Sedikit Kental

Jika cairan berwarna merah dan kental serta berminyak maka dapat dipastikan bisa berasal dari ketiga komponen ini, yaitu minyak rem, minyak power steering atau transmisi automatic. Cairan ini memiliki sifat lebih encer dibandingkan oli mesin.

  1. Cairan Berwarna Coklat Kehitaman dan Kental

Apabila cairan berwarna coklat sampai coklat kehitaman dan memiliki kekentalan serta berminyak, inilah oli mesin mobil anda. Letak tetesan ini biasanya berada di bawah mesin mobil anda. Jika anda ragu cobalah taruh kertas Koran atau handuk basah berwarna terang di bawah mesin mobil, lalu tunggu. Bila warnanya coklat atau hitam dan menetes sudah pasti oli mesin mobil.

 

 

  • Kenali Letak Bocornya

Mengetahui letak bocor itu penting lho, dengan begitu anda peduli dengan mobil anda bukan hanya sekedar gelinding di aspal saja. Hal ini juga dapat menghindari anda dari pajak montir nakal.

  1. Oli Netes di Ujung Kanan Bawah Mobil

Jika oli menetes di ujung kanan bawah mobil sudah pasti ada seal kompresor yang retak atau oli kompresor bocor. Anda harus tahu seal kompresor berperan penting terhadap power steering juga, jika seal kompresor anda bocor maka setir mobil bisa terasa sangat berat.

Sedangkan jika oli kompresor yang bocor, berkurang atau habis maka dapat menyebabkan kompresor tidak dapat menghasilkan tekanan tinggi untuk menghembuskan udara dingin ke dalam kabin mobil. Hasilnya AC mobil tidak dingin.

 Anda perlu tahu, oli kompresor ini berfungsi sebagai pelumas bantalan-bantalan komponen sistem pendingin yang saling bergesekan. Tentu saja oli ini berperan penting dalam seberapa dinginnya AC mengingat dibutuhkan tekanan yang cukup untuk bisa menekan Freon masuk ke sistem pendingin mobil anda.

  1. Oli Netes di Bagian Tengah Dekat Radiator

Biasanya oli yang menetes di bagian ini paling sering terjadi pada mobil-mobil dengan gardan belakang (Rear Wheel Drive) seperti mobil MPV, Low MPV dan SUV. Kebocoran ini disebabkan oleh seal crankshaft atau kruk as (poros engkol). Oli yang bocor pun warnanya sama dengan oli yang dimasukkan ke dalam mesin.

Seperti yang anda harus tahu bahwa kruk as atau poros engkol berfungsi mengubah gerakan vertikal atau horizontal dari piston menjadi gerak rotasi yang membuat mesin bisa bergerak. Lalu ada bearing tambahan yang diletakkan di ujung batang penggerak di setiap silinder yang berfungsi untuk menggerakkan poros engkol dan dihubungkan ke roda bagian belakang sehingga mobil bisa bergerak. Bearing inilah yang paling mudah aus.

 

  1. Oli Netes dari Tempat Oli Transmisi

Jika oli yang menetes berwarna merah dan berada di bawah transmisi. Maka bisa jadi oli transmisi anda yang bocor. Anda dapat melakukan tes dengan menaruh kardus berwarna putih dibawah transmisi dan girboks lalu tunggu beberapa jam. Jika benar oli transmisi anda yang berkurang maka segeralah ke bengkel untuk mengganti oli transmisi terutama bagi anda pemegang mobil matic.

  1. Oli Netes dari Ban Mobil Bagian Belakang

Kebocoran oli dari ban mobil bagian belakang bisa terjadi karena kerusakan seal pada kruk as. Segera ganti seal dengan yang baru.

  1. Oli Netes Dekat Wheel Drive

Apabila oli netes dekat dengan wheel drive, bisa jadi memang ada kebocoran dari wheel drive. Ciri yang paling pasti adalah oli yang keluar berwarna putih, ini adalah oli gardan. Sebaiknya segera diperbaiki karena jika tidak maka dapat terjadi kerusakan terhadap transmisi.

  1. Oli Netes di Ujung Knalpot

Jika anda menjumpai oli sering netes di bagian ujung knalpot bukan berarti ini tidak apa-apa. Anda perlu mengecek apakah seal dan batang klep sudah tertutup sempurna dan tidak ada yang getas atau patah. Karena bisa membuat tenaga mobil sering hilang dan oli lebih sering habis.

Setelah anda mengetahui di bagian mana oli netes, saatnya anda ke bengkel dan nyatakan permasalahan anda secara langsung ke montir bengkel. Jangan lupa pastikan bahwa montir benar-benar berpengalaman ya. Agar anda tidak merasa tertipu di kemudian hari.